Devinisi Organisasi
A. DEFINISI
ORGANISASI
Organisasi
adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan
sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang
relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok
tujuan (Stephen Robbins, 1994).
Organisasi
yakni mekanisme yang mempersatukan kegiatan-kegiatan untuk menyelesaikan
pekerjaan-pekerjaan, definisi ini menekankan pada mekanisme kerja dalam
organisasi untuk mencapai tujuan (Oteng Sutisna,1993).
Organisasi
adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama
serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian sesuatu tujuan yang lain
ditentukan dalam ikatan mana terdapat seorang, beberapa orang yang disebut
atasan dan sekelompok orang disebut bawahan (Sondang P Siagian)
B.
HUBUNGAN ANTARA ADMINISTRASI DENGAN
ORGANISASI
Administrasi
adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang
didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya.
Organisasi
adalah setiapa bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama
serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian sesuatu tujuan yang telah
ditentukan dalam ikatan mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut
atasan, dan sekelompok orang yang disebut bawahan.
C.
PRINSIP ORGANISASI
(Sondang
P Siagian)
1. Terdapat
tujuan yang jelas
2. Tujuan
organisasi harus dipahami
3. Tujuan
organisasi harus diterima
4. Adanya
kesatuan arah (unity of direction)
5. Adanya
kesatuan perintah (unuty of commond)
6. Adanya
keseimbangan kewenangan dan tanggung jawab
7. Adanya
pembagian tugas (distribution of work)
8. Susunan
organisasi yang sederhana
9. Pola
dasar organisasi harus relatif permanen
10. Adanya
jaminan jabatan (security of tenure)
11. Keseimbangan
balas jasa yang diberikan
12. Penempatan
orang yang sesuai dengan keahliannya
D.
ORGANISASI SEBAGAI WADAH KEGIATAN
Organisasi
adalah dimana tempat kegiatan-kegiatan administrasi dan manajemen dijalankan,
maka pola dasar dan struktur organisasi harus relatif kuat.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi berubahnya hal tersebut adalah:
·
Semakin kompleksnya tugas atau
peringkatan kegiatan
·
Berubahnya tujuan organisasi
·
Bergantinya pemimpin
·
Beralihnya kegiatan organisasi
Komentar
Posting Komentar