RPP IPA kelas 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar Katolik Wudi
Kelas
: IV
Tema
2
: Selalu Berhemat Energi
Subtema
2
: Pemanfaatan Energi
Pertemuan
: Ke-6
Alokasi Waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.\
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya.
Menyajikan karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam
secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
C. INDIKATOR
IPA
Membedakan sifat perpindahan panas
D. TUJUAN
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat
perpindahan panas (konveksi, konduksi dan radiasi) dengan benar.
Setelah melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan
percobaan, siswa menuliskan pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari
dari kegiatan tersebut dengan detail dan benar.
E. MATERI
AJAR
IPA
Konduksi, Konveksi, dan Radiasi
F. METODE
PEMBELAJARAN
Praktikum, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan Penugasan
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
H. Ayo Belajar
Kegiatan Pembuka (5 menit)
1. Guru mengkondisikan
kelas agar siswa siap belajar.
2. Untuk mengawali
pembelajaran guru dan siswa berdoa.
3. Guru mengecek
kehadiran siswa kehadiran siswa.
4. Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan tanya jawab.
5. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (20 menit)
Observing
1. Siswa mengamati
gambar tentang konduksi, konveksi, dan
radiasi.
Questioning
2. Tanya jawab tentang
konduksi, konveksi, dan radiasi.
3. Siswa dibagi menjadi
beberapa 3 kelompok
4. Setiap kelompok diberi
LKS oleh guru
Eksperimenting
5. Siswa melakukan
percobaan tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
6. Guru sebagai
fasilitator dalam kegiatan praktikum dengan memperhatikan kegiatan dari
setiap kelompok .
Networking
7. Siswa membuat
kesimpulan dari hasil percobaan.
8. Siswa memjawab
dan mengisi LKS yang diberikan
9. Siswa membuat refleksi sikap saat melakukan percobaan.
Associating
10. Perwakilan kelompok
mempresentasikan didepan kelas hasil percobaannya
11. Siswa menceritakan
pengalaman dalam berkerja sama saat melakukan percobaan.
12. Guru merefleksi dan memberikan pemantapan
materi pembelajaran
Questioning
13. Tanya jawab tentang materi yang belum
dipahami
Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Dengan bimbingan guru,
siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2. Siswa mengerjakan
evaluasi
3. Guru memberikan pesan
moral kepada siswa
4. Guru dengan siswa
berdoa untuk menutup pembelajaran.
I. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Alat dan
Bahan : Kardus,lilin,obat nyamuk,besi,mentega,korek
api
Sumber
Belajar :
Kurikulum 2013
Buku Tematik Selalu Berhemat Energi
J. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Prosedur penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b. Penilain Hasil Belajar
Menggunakan insrumen
penilaian hasil belajar dengan tes
2. Instrumen penilaian
a. Penilain proses
Kinerja
dalam menyelesaikan tugas kelompok (KI.2)
Kinerja
dalam menyelesaikan tugas presentasi (KI.4)
b. Penilaian hasil
balajar
Esai
Lampiran
Penilaian
1. Evaluasi dinilai
dengan angka
2. Daftar Periksa IPA
|
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
|
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang radiasi dengan
benar
|
||
|
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konduksi dengan
benar
|
||
|
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konveksi dengan
benar
|
Penilaian Proses
1. Kinerja dalam
menyelesaikan tugas kelompok/observasi (K I 2)
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek
|
|||||
|
Rasa ingin tahu
|
Teliti
|
Cermat
|
Menghargai kerja individu & kelompok
|
Tanggung Jawab
|
Hati-hati
|
||
Keterangan kategori kinerja:
Sangat Kurang : Jika tidak satupun deskriptor
muncul
Kurang
: Jika satu & dua deskriptor muncul
Cukup
: Jika tiga deskriptor muncul
Baik
: Jika empat & lima deskriptor muncul
Sangat Baik : Jika
enam deskriptor muncul
Deskriptor
a. Rasa ingin tahu
1. Berani bertanya pada
guru
2. Berani bertanya pada
teman
3. Berusaha mencari
jawaban terhadap pertanyaan guru dan teman
b. Teliti
1. Teliti dalam melakukan
pengamatan
2. Teliti dalam
mengelompokkan hasil pengamatannya
3. Teliti dalam
menuliskan hasil pengamatan
c. Cermat
1. Cermat dalam mencari
data
2. Cermat dalam
mengelompokkan data
3. Cermat dalam
menuliskan hasil kerja kelompok
d. Menghargai kerja
individu & kelompok
1. Saling bekerja sama
2. Menyelesaikan masalah
dengan diskusi
3. Tidak sibuk sendiri
e. Tanggung jawab
1. Menyelesaikan tugas
sesuai dengan ketentuan yang disepakati
2. Setiap anggota
menyelesaikan tugas masing-masing
3. Mempersiapkan laporan
tugas kelompok
f. Hati-hati
1. Hati-hati dalam
melakukan percobaan
2. Hati-hati menggunakan
alat dan bahan dalam percobaan
3. Tidak menimbulkan
bahaya dalam percobaan
Persentasi pencapaian kategori =
x 100%
2. Kinerja dalam
menyelesaikan tugas presentasi
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
|||
|
Mengolah
|
Menyajikan
|
Menyimpulkan
|
Menceritakan pengalaman kerja sama dalam melakukan
percobaan
|
||
Keterangan kategori kinerja:
Sangat Kurang : Jika tidak satupun
deskriptor muncul
Kurang
: Jika satu deskriptor yang muncul
Cukup
: Jika dua deskriptor muncul
Baik
: Jika tiga deskriptor muncul
Sangat Baik : Jika
empat deskriptor muncul
Deskriptor :
Mengolah :
1. Mengolah data sesuai
dengan yang diperoleh
2. Mengolah data secara
sistematis
3. Mengolah data
difokuskan pada materi
Menyajikan :
1. Menyajikan hasil
sesuai dengan data yang diperoleh
2. Menyajikan hasil
diskusi secara runtut
3. Menyajikan hasil
difokuskan pada materi
Menyimpulkan :
1. Membuat kesimpulan
berdasarkan data yang diperoleh
2. Membuat kesimpulan
berdasarkan fakta-fakta
3. Membuat kesimpulan
berupa konsep
Menceritakan pengalaman kerja sama dalam melakukan
percobaan:
1. Menuliskan pengalaman
kerja sama dalam melakukan percobaan dengan detail dan benar
Persentasi pencapaian kategori =
x 100%
LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)
Nama anggota Kelompok:
1. ……………………..
2. ……………………..
3. ……………………..
4. ……………………..
Petunjuk:
1. Diskusikan tugas di
bawah ini dengan kelompokmu
2. Tuliskan hasil
percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 1
Tujuan:
Menunjukkan bahwa gejala konveksi kalor dapat terjadi di
dalam zat gas.
Alat dan Bahan:
1. Kardus konveksi
2. lilin .
3. obat nyamuk
4. Nyala api.
Cara Kerja:
1. Letakan sebuah lilin menyala dibawah cerobong A.
2.nyalakan obat nyamuk bakar dekatkan ke ujung cerobong B.
3. amati aliran asap obat nyamuk tersebut
4. diskusikan dengan kelompokmu mengenai konveksi udara
LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)
Nama anggota Kelompok:
1. ……………………..
2. ……………………..
3. ……………………..
4. ……………………..
Petunjuk:
1. Diskusikan tugas di
bawah ini dengan kelompokmu
2. Tuliskan hasil
percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 2
Tujuan:
Menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi
Alat:
Sepotong besi, bunsen/lilin
Cara Kerja:
Panaskan sepotong besi dengan menggunakan bunsen atau dengan
menggunakan api dari lilin. Tunggu beberapa saat.
Apa yang dirasakan oleh tangan kamu? Tuliskan jawabanmu
LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)
Nama anggota Kelompok:
1. ……………………..
2. ……………………..
3. ……………………..
4. ……………………..
Petunjuk:
1. Diskusikan tugas di
bawah ini dengan kelompokmu
2. Tuliskan hasil
percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 3
Tujuan:
|
Menyelidiki perpindahan kalor secara radiasi.
Alat:
1. Stopwatch
2. Penggaris
Cara Kerja:
1. Oleskan mentega secukupnya pada kedua kertas kardus.
2. Nyalakan lilin.
3. Letakan ke dua kertas di atas lilin pada jarak 1 cm.
4. Amati apa yang terjadi pada mentega.
5. Hitunglah waktu yang diperlukan mentega untuk meleleh.
6. Ulangi langkah ke tiga dengan mengubah jarak kertas (2 cm
dan 3 cm).
Evaluasi
1. Bedakan sifat
perpindahan panas
2. Tuliskan pengalamanmu ketika
bekerja dengan teman
Jawaban
1. Koveksi, Radiasi dan
Konduksi
Konveksi, yaitu perpindahan kalor yang terjadi
melalui aliran zat atau disertai perpindahan zat perantaranya.
Contoh:
a. Adanya gerakan naik turun kacang hijau dalam air mendidih.
b. Terjadinya angin darat dan angin laut.
Radiasi, yaitu perpindahan kalor tanpa zat
perantara. Contoh terjadinya radiasi sebagai berikut:
a. Tubuh terasa hangat jika berada di sekitar api unggun.
b. Tangan yang didekatkan pada lampu menyala akan terasa hangat.
c. Panas matahari dapat dirasakan di bumi.
Konduksi, yaitu perpindahan kalor melalui zat
perantara, tetapi zat perantara tersebut tidak ikut berpindah (bergerak).
Contoh konduksi sebagai berikut:
a. Ujung logam yang terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan.
b. Telur akan cepat matang saat digoreng di atas wajan aluminium.
c. Mentega akan meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan.
Komentar
Posting Komentar