RPP IPA kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                (RPP)    

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar Katolik Wudi
Kelas                           : IV
Tema 2                        : Selalu Berhemat Energi
Subtema 2                   : Pemanfaatan Energi
Pertemuan                   : Ke-6
Alokasi Waktu            : 1 Hari

    A.            KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.\
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya.
Menyajikan karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
     B.            KOMPETENSI DASAR
            IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari           sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam      secara mandiri maupun berkelompok
3.4  Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6  Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
    C.            INDIKATOR
IPA
Membedakan sifat perpindahan panas
    D.            TUJUAN
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat perpindahan panas (konveksi, konduksi dan radiasi) dengan benar.
Setelah melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan percobaan, siswa menuliskan pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari dari kegiatan tersebut dengan detail dan benar.
     E.            MATERI AJAR
IPA
Konduksi, Konveksi, dan Radiasi
     F.            METODE PEMBELAJARAN
Praktikum, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan Penugasan
    G.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
 H.            Ayo Belajar
  Kegiatan Pembuka (5 menit)
1.      Guru mengkondisikan kelas agar siswa siap belajar.
2.      Untuk mengawali pembelajaran guru dan siswa berdoa.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa kehadiran siswa.
4.      Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  Kegiatan Inti (20 menit)
Observing
1.      Siswa mengamati gambar  tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
Questioning
2.      Tanya jawab tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
3.      Siswa dibagi menjadi beberapa 3 kelompok
4.      Setiap kelompok diberi LKS oleh guru
Eksperimenting
5.      Siswa melakukan percobaan tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
6. Guru sebagai  fasilitator dalam kegiatan praktikum dengan memperhatikan kegiatan dari setiap kelompok .


Networking
7.      Siswa membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
8.    Siswa memjawab dan mengisi LKS yang diberikan
9.      Siswa membuat  refleksi sikap saat melakukan percobaan.
Associating
10.      Perwakilan kelompok mempresentasikan didepan kelas hasil percobaannya
11.      Siswa menceritakan pengalaman dalam berkerja sama saat melakukan percobaan.
12.  Guru merefleksi dan memberikan pemantapan materi pembelajaran
Questioning
13.  Tanya jawab tentang materi yang belum dipahami

  Kegiatan Penutup (5 menit)
1.      Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Siswa mengerjakan evaluasi
3.      Guru memberikan pesan moral kepada siswa
4.      Guru dengan siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

       I.            ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat dan Bahan            : Kardus,lilin,obat nyamuk,besi,mentega,korek api
Sumber Belajar            :
  Kurikulum 2013
  Buku Tematik Selalu Berhemat Energi

      J.            PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Prosedur penilaian
a.   Penilaian Proses
      Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilain Hasil Belajar
      Menggunakan insrumen penilaian hasil belajar dengan tes

2.      Instrumen penilaian
a.       Penilain proses
         Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok (KI.2)
         Kinerja dalam menyelesaikan tugas presentasi (KI.4)
b.      Penilaian hasil balajar
         Esai


























Lampiran

Penilaian
1.      Evaluasi dinilai dengan angka
2.      Daftar Periksa IPA
Kriteria
Sudah
Belum
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang radiasi dengan benar
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konduksi dengan benar
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konveksi dengan benar


Penilaian Proses
1.      Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok/observasi  (K I 2)

No
Nama siswa
Aspek
Rasa ingin tahu
Teliti
Cermat
Menghargai kerja individu & kelompok
Tanggung Jawab
Hati-hati

Keterangan kategori kinerja:
Sangat Kurang   : Jika tidak satupun deskriptor muncul
Kurang               : Jika satu & dua deskriptor muncul
Cukup                : Jika tiga deskriptor muncul
Baik                    : Jika empat & lima deskriptor muncul
Sangat Baik        : Jika enam deskriptor muncul
Deskriptor
a.       Rasa ingin tahu
1.      Berani bertanya pada guru
2.      Berani bertanya pada teman
3.      Berusaha mencari jawaban terhadap pertanyaan guru dan teman
b.      Teliti
1.      Teliti dalam melakukan pengamatan
2.      Teliti dalam mengelompokkan hasil pengamatannya
3.      Teliti dalam menuliskan hasil pengamatan
c.       Cermat
1.      Cermat dalam mencari data
2.      Cermat dalam mengelompokkan data
3.      Cermat dalam menuliskan hasil kerja kelompok
d.      Menghargai kerja individu & kelompok
1.      Saling bekerja sama
2.      Menyelesaikan masalah dengan diskusi
3.      Tidak sibuk sendiri
e.       Tanggung jawab
1.      Menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang disepakati
2.      Setiap anggota menyelesaikan tugas masing-masing
3.      Mempersiapkan laporan tugas kelompok
f.       Hati-hati
1.      Hati-hati dalam melakukan percobaan
2.      Hati-hati menggunakan alat dan bahan dalam percobaan
3.      Tidak menimbulkan bahaya dalam percobaan
Persentasi pencapaian kategori =   x 100%





2.      Kinerja dalam menyelesaikan tugas presentasi

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Mengolah
Menyajikan
Menyimpulkan
Menceritakan pengalaman kerja sama dalam melakukan percobaan

Keterangan kategori kinerja:
Sangat Kurang   : Jika tidak satupun deskriptor muncul
Kurang               : Jika satu deskriptor yang muncul
Cukup                : Jika dua deskriptor muncul
Baik                    : Jika tiga deskriptor muncul
Sangat Baik        : Jika empat deskriptor muncul

Deskriptor :
Mengolah :
1.      Mengolah data sesuai dengan yang diperoleh
2.      Mengolah data secara sistematis
3.      Mengolah data difokuskan pada materi
Menyajikan :
1.      Menyajikan hasil sesuai dengan data yang diperoleh
2.      Menyajikan hasil diskusi secara runtut
3.      Menyajikan hasil difokuskan pada materi
Menyimpulkan :
1.      Membuat kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh
2.      Membuat kesimpulan berdasarkan fakta-fakta
3.      Membuat kesimpulan berupa konsep
Menceritakan  pengalaman kerja sama dalam melakukan percobaan:
1.      Menuliskan pengalaman kerja sama dalam melakukan percobaan dengan detail dan benar

Persentasi pencapaian kategori =    x 100%




























LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)

Nama anggota Kelompok:
1.      ……………………..
2.      ……………………..
3.      ……………………..
4.      ……………………..

Petunjuk:
1.      Diskusikan tugas di bawah ini dengan kelompokmu
2.      Tuliskan hasil percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 1
Tujuan:
Menunjukkan bahwa gejala konveksi kalor dapat terjadi di dalam zat gas.
Alat dan Bahan:
1. Kardus konveksi
2. lilin .
3. obat nyamuk
4. Nyala api.
Cara Kerja:
1. Letakan sebuah lilin menyala dibawah cerobong A.
2.nyalakan obat nyamuk bakar dekatkan ke ujung cerobong B.
3. amati aliran asap obat nyamuk tersebut
4. diskusikan dengan kelompokmu mengenai konveksi udara







LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)

Nama anggota Kelompok:
1.      ……………………..
2.      ……………………..
3.      ……………………..
4.      ……………………..

Petunjuk:
1.      Diskusikan tugas di bawah ini dengan kelompokmu
2.      Tuliskan hasil percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 2
Tujuan:
Menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi
Alat:
 Sepotong besi, bunsen/lilin
Cara Kerja:
Panaskan sepotong besi dengan menggunakan bunsen atau dengan menggunakan api dari lilin. Tunggu beberapa saat.
Apa yang dirasakan oleh tangan kamu? Tuliskan jawabanmu












LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)

Nama anggota Kelompok:
1.      ……………………..
2.      ……………………..
3.      ……………………..
4.      ……………………..
Petunjuk:
1.      Diskusikan tugas di bawah ini dengan kelompokmu
2.      Tuliskan hasil percobaan pada lembar yang sudah disediakan
Tugas
PERCOBAAN 3
Tujuan:

    Bahan:
1. Lilin
2. Mentega
3. Dua potong kertas kardus

Menyelidiki perpindahan kalor secara radiasi.
    Alat:
1. Stopwatch
2. Penggaris

            Cara Kerja:
1. Oleskan mentega secukupnya pada kedua kertas kardus.
2. Nyalakan lilin.
3. Letakan ke dua kertas di atas lilin pada jarak 1 cm.
4. Amati apa yang terjadi pada mentega.
5. Hitunglah waktu yang diperlukan mentega untuk meleleh.
6. Ulangi langkah ke tiga dengan mengubah jarak kertas (2 cm dan 3 cm).
Evaluasi

1.      Bedakan sifat perpindahan panas
2.      Tuliskan pengalamanmu ketika bekerja dengan teman


Jawaban

1.      Koveksi, Radiasi dan Konduksi
  Konveksi, yaitu perpindahan kalor yang terjadi melalui aliran zat atau disertai perpindahan zat perantaranya.
Contoh:
a. Adanya gerakan naik turun kacang hijau dalam air mendidih.
b. Terjadinya angin darat dan angin laut.

  Radiasi, yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Contoh terjadinya radiasi sebagai berikut:
            a. Tubuh terasa hangat jika berada di sekitar api unggun.
            b. Tangan yang didekatkan pada lampu menyala akan terasa hangat.
            c. Panas matahari dapat dirasakan di bumi.

  Konduksi, yaitu perpindahan kalor melalui zat perantara, tetapi zat perantara tersebut tidak ikut berpindah (bergerak). Contoh konduksi sebagai berikut:
            a. Ujung logam yang terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan.
            b. Telur akan cepat matang saat digoreng di atas wajan aluminium.
            c. Mentega akan meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan.


Komentar

Postingan Populer